Jumat, 09 Oktober 2009

TATA SURYA
Tata surya atau solar system merupakan suatu sistem yang terdiri atas matahari sebagai pusat yang dikelilingi oleh delapan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.
Proses Terjadinya Tata Surya
Ada beberapa teori tentang proses terbentuknya tata surya, yaitu :
  • Hipotesis kabut atau nebular ; penemu teori ini adalah seoarang ahli filosofi dari Jerman bernama Immanuel Kant (1755). Teori ini dikembangkan oleh ahli matematika Prancis, Pierre de Laplace (1796). Menurut teori ini, matahari dan planet -planet berasal dari kabut pijar yang berpilin di dalam jagad raya. Kabut yang ada pada galaksi berputar, karena putarannya itu sebagian massa kabut terlepas dan membentuk gelang-gelang sekeliling bagian utama gumpalan kabut tersebut. Pada gilirannya gelang-gelang tersebut membentuk gumpalan-gumpalan dan akhirnya membeku menjadi planet-planet.
  • Teori planetesimal ; dikemukakkan oleh 2 orang Amerika, T.C. Chamberlin (1843-1928) seorang ahli geologi dan F.R. Moulton (1872-1952) seorang ahli astronomi. Teori ini hampir sama dengan yang dikemukakan Kant dan Laplace bahwa awal pembentukan planet itu adalah kabut pijar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar